Minggu, 11 November 2018


5 Waktu Terbaik Tips Parenting dengan Teknik Hypnoparenting

Asupan gizi ke dalam tubuh anak memang penting. Namun asupan rohani ke jiwa anak juga tidak kalah penting. Salah satu tips parenting untuk memaksimalkannya bisa dengan teknik hypnoparenting. Ternyata untuk menggunakan teknik ini, Anda tidak harus menyuruh anak untuk tutup mata. 

Berikut 5 waktu terbaik dan efektif untuk menerapkan teknik tersebut.


1. Ketika Anda Membacakan Buku
Berhubung hypnoparenting bertujuan untuk memberi stimulus otak agar fokus dan rileks, maka wajib pilih buku kesukaan si kecil. Tentu saja pilih tema yang berisi sugesti pilihan Anda. Misalkan dongeng Kura-Kura dan Kelinci. Semua pasti sudah tahu kalau dongeng tersebut mengajarkan anak agar selalu menghargai siapa pun, meskipun lemah.

Itu hanya sekadar contoh. Jika ingin memberikan hasil optimal, ganti tema begitu hasilnya sudah terlihat dan jadi kebiasaan. Hypnoparenting modern tidak seperti ahli hipnotis yang menggoyang-goyangkan pendulum di depan mata target. Cukup berikan stimulus berupa rangsangan imajinatif agar si kecil mudah diarahkan atas kemauannya sendiri.

2. Ketika Menyanyikan untuk Anak
Impuls yang menjadi basis dari hypnoparenting juga bisa timbul dari nyanyian orang tua kepada anak. Saat ini sudah banyak lagu-lagu yang tercipta di Tanah Air. Ternyata, ketika lagu kesukaan anak dinyanyikan, kata-kata yang ada di lirik akan tercerna dan masuk ke alam bawah sadarnya. Jika ingin membentuk karakter lain, ganti saja liriknya.

3. Ketika Menenangkan Anak yang Menangis
Manfaatkan waktu terbaik ini untuk memaksimalkan tips parenting dengan teknik hypnoparenting. Ketika anak menangis, suasana hatinya tengah masuk ke kondisi yang memungkinkan untuk ditanami sugesti. Bicaralah dengan lembut padanya. Sampaikan kata-kata positif untuk membentuk karakter baik dalam dirinya.

Peluklah erat-erat seakan orang yang ia miliki hanya Anda di dunia ini. Jika air matanya masih berurai, ucapkan, “Nak, jika kau ingin menangis, lepaskan. Menangislah sampai engkau tenang. Jika belum tenang, teruslah menangis.” Setelah tenang, baru sampaikan sugesti positif yang sudah Anda rencanakan.

4. Pada Waktu Bangun Tidur
Persis saat anak bangun tidur, ia masih berada di antara kondisi setengah atau hampir sadar. Imajinasinya masih terbawa alam mimpi. Sebelum anak bergerak dan beraktivitas, sampaikan sugesti positif sambil memeluk erat. Biasanya, kata-kata positif maupun negatif apa pun akan mudah masuk ke alam bawah sadar si kecil.

5. Ketika Anak Asyik Bermain
Permainan yang bagus untuk penerapan teknik hypnoparenting itu yang mengandalkan fokus dan konsentrasi. Contohnya bermain puzzle. Ketika anak tengah fokus, alam bawah sadarnya paling dominan dalam membentuk gerakan serta aktivitasnya. Tunggu apa lagi. Langsung saja Anda berikan sugesti yang berisi kalimat positif.

Selain kelima waktu terbaik tersebut, sebetulnya masih banyak lagi waktu-waktu terbaik untuk menerapkan teknik hypnoparenting. Semakin sering Anda menerapkan tips parenting ini, secara otomatis akan peka terhadap waktu terbaik lainnya. Anak-anak itu masih memiliki jiwa yang murni. Sebaik apa ia di masa depan, tergantung upaya kita di masa kini.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar