Rabu, 30 Januari 2019

Waktu Penting Anda Harus Cuci Tangan

Cuci tangan adalah aktivitas yang terdengar sepele, namun pada kenyataannya aktivitas sepele ini sangatlah penting bagi diri kita. Mencuci tangan menjadi salah satu aktivitas yang berpengaruh besar pada kesehatan tubuh kita sebagai manusia. Bahkan bisa dikatakan bahwa mencuci tangan menjadi sumber kesehatan bagi tubuh kita.

Seperti kita tahu bahwa tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang penting bagi kita. Namun di lain sisi, tangan juga menjadi salah satu sumber kuman yang bisa masuk ke tubuh kita. Sumber kuman ini harus dibersihkan secara rutin dengan cara yang tepat agar tubuh bisa terhindar dari penyakit akibat kuman-kuman jahat.

Mencuci tangan merupakan kegiatan yang sederhana, namun pada kenyataannya banyak orang melupakan kegiatan ini. Padahal kebiasaan sederhana ini bisa memberikan perubahan atau pengaruh besar bagi hidup kita. Kita bisa lebih sehat dan terhindar dari beragam penyakit mengerikan karena kebiasaan sederhana yaitu mencuci tangan.

Waktu Mencuci Tangan

Tapi, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan? Mencuci tangan perlu dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Ada 5 waktu penting dimana kita sangat dianjurkan untuk mencuci tangan. Kira-kira kapan saja kita harus mencuci tangan demi kesehatan tubuh kita?

Sebenarnya kita bisa mencuci tangan kapan saja kita mau, namun ada beberapa waktu penting dimana kita sangat diwajibkan mencuci tangan. Berikut adalah 5 waktu penting kita diwajibkan untuk mencuci tangan :

1. Sebelum dan Sesudah Makan
Kalau kita makan dengan tangan yang kotor penuh kuman maka kuman-kuman tersebut akan masuk ke tubuh kita. Hal ini tentu bisa mengundang munculnya penyakit. Jadi, pastikan Anda makan dengan kondisi tangan yang bersih dari kuman. Setelah makan pun Anda juga tetap harus cuci tangan.

2. Setelah dari Toilet
Setelah melakukan aktivitas di toilet, Anda diwajibkan untuk mencuci tangan. Entah itu BAB atau BAK, Anda harus mencuci tangan dengan menggunakan sabun agar kuman-kuman dari toilet tidak terbawa kemana-mana dan membahayakan kesehatan diri Anda sendiri maupun orang lain. Apalagi kalau Anda menggunakan toilet umum yang biasanya kotor dan penuh kuman.

3. Setelah Bersin
Ketika bersin, kuman-kuman akan keluar bersama dengan bersin Anda. Sebaiknya Anda menutup mulut ketika bersin agar kuman tidak menyebar ke orang lain. Setelah bersin, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun agar kuman-kuman hilang dan Anda bisa menyentuh orang lain tanpa perlu takut kuman tersebar.

4. Sebelum Merawat Bayi
Bayi sangat rentan dengan kuman atau bakteri. Jika Anda memiliki bayi, maka pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh atau merawat bayi Anda. Jangan lupa, gunakan sabun untuk mencuci tangan supaya semua kuman dan bakteri benar-benar tersingkir. Dengan begitu, bayi akan aman dari bakteri dan penyakit.

5. Sebelum Memasak
Ketika mengolah makanan, tentu saja tangan Anda harus benar-benar bersih dari kuman atau bakteri. Oleh karena itu, pastikan Anda mencuci tangan sampai bersih sebelum memasak. Kalau tangan sudah bersih maka Anda bisa mencuci sayur dan bahan makanan lainnya tanpa meninggalkan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit bagi tubuh.

Itulah tadi 5 waktu penting yang mewajibkan Anda untuk cuci tangan. Pastikan tangan Anda benar-benar dicuci sampai bersih pada 5 waktu tersebut. Selain itu, Anda bebas mencuci tangan kapanpun dibutuhkan. Agar bakteri bisa hilang dengan sempurna, jangan lupa untuk cuci tangan dengan menggunakan sabun anti kuman dan air yang mengalir.
Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar