Sabtu, 30 Maret 2019

Jika Menemukan 6 Tanda-Tanda Ini, Segera Service Mesin Cuci Anda

Anda pasti menginginkan kemudahan dalam melakukan serangkaian pekerjaan rumah tangga. Dengan adanya mesin cuci, Anda dapat membuat waktu menjadi lebih efisien. Mencuci baju menjadi terasa lebih mudah dan cepat dengan adanya perangkat ini. Agar mesin cuci awet dan tidak mudah rusak, tentu Anda harus melakukan service mesin cuci secara berkala.

Karena umumnya mesin cuci digunakan setiap hari, maka tak jarang adanya tanda-tanda kerusakan yang terjadi. Seperti bunyi bising, kebocoran, bau apek yang tidak jelas asalnya, dan masih banyak masalah yang lainnya. Hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas Anda.

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang telah disebutkan di atas, daripada membeli mesin cuci yang baru, ada baiknya Anda melakukan service mesin cuci saja. Lalu kapan Anda harus melakukan service ini? 

Berikut adalah tanda-tanda kerusakan pada mesin cuci yang harus segera diantisipasi.

1. Mengeluarkan Bunyi Bising

Saat mesin cuci bekerja, umumnya memang mengeluarkan suara. Namun ada bunyi asing yang akan berkelanjutan ketika mesin cuci Anda bermasalah. Sumber utamanya kemungkinan ada benda asing yang tersangkut pada mesin seperti koin atau penjepit rambuy yang lupa dikeluarkan dari pakaian ketika hendak dicuci. 

Maka dari itu, lebih Anda selalu mengecek pakaian yang akan dicuci, apakah masih ada barang tertinggal atau tidak.

2. Adanya Kebocoran

Tanda-tanda selanjutnya yaitu adanya kebocoran pada mesin cuci. Kemungkinannya beragam, salah satunya bisa jadi karena adanya kerusakan pada selang dan segel pintu mesin cuci yang terlalu longgar. 

Jika hal ini sudah terlanjur terjadi, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengganti segel pintu atau selang yang baru. Jika ingin lebih hemat, gunakan setengah cangkir cuka putih pada air bersih secukupnya pada cucian Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi luapan residu busa yang mengakibatkan kebocoran.

3. Mengeluarkan Bau Apek

Karena sering digunakan, maka tak aneh jika mesin cuci menjadi bau apek. Bau ini diakibatkan oleh penumpukan kotoran dan baktri yang berasal dari baju-baju kotor yang dicuci. 

Cara menghilangkan baunya yaitu dengan pembersihan secara menyeluruh secara rutin dan berkala untuk mencegah bakteri atau kotoran membusuk terlalu lama dan mengakibatkan bau busuk yang tidak sedap.

4. Baling Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Baling mesin cuci yang tidak dapat berputar kerap membuat Anda khawatir. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh mesin cuci yang tidak cukup menerima daya listrik hingga sulit untuk bekerja. 

Langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan mengurangi jumlah pakaian yang ada di dalam mesin. Jika tidak ada perubahan, periksa kabel mesin cuci yang terhubung pada sumber listrik dan cabut untuk kemudian dipasangkan kembali.

5. Mesin Cuci Tidak Dapat Dikosongkan dari Air

Jika mesin cuci tidak dapat dikosongkan dari air, maka langkah yang harus dilakukan yaitu mengecek kondisi selang. Jika terdapat kotoran atau penyumbatan di dalam selang, maka harus segera dibersihkan. Selalu lakukan pengecekan secara rutin pada rongga mesin cuci dan pastikan selang selalu terhindari dari kotoran.

6. Mesin Cuci Tidak Dapat Diisi Air

Jika hal ini terjadi, maka lakukan pengecekan pada selang di dalam mesin dan pastikan selang tidak tertekuk. Masalah ini juga dapat disebabkan oleh katup yang rusak atau penyumbatan pada filter selang.

Demikianlah tanda-tanda kerusakan yang ada pada mesin cuci. Lakukan service mesin cuci secara rutin agar terhindar dari kerusakan. 
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar