Sabtu, 03 Agustus 2019

asuransi kesehatan lifepal
Perusahaan mana pun di muka bumi ini pasti ingin memiliki karyawan-karyawan yang produktif dan berprestasi. Karena karyawan seperti inilah yang akan membantu mewujudkan target-target yang ingin dicapai perusahaan. 

Untuk bisa memiliki karyawan yang produktif, tentunya ada banyak hal yang dilakukan oleh perusahaan, seperti mengadakan pelatihan secara rutin demi peningkatan skill karyawan, juga menyediakan berbagai tunjangan yang memotivasi, termasuk juga menjadi fasilitator yang mewajibkan karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Di sisi lain, sebenarnya masih ada lagi yang perlu karyawan lakukan, yaitu menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawan. Apa sih alasan pentingnya perusahaan menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawan?

Alasan Pentingnya Perusahaan Menyediakan Asuransi Kesehatan Bagi Karyawan

Ada cukup banyak artikel maupun bahasan baik yang tersebar di internet maupun diterbitkan dalam bentuk buku, yang menyebutkan ada banyak manfaat yang bisa diambil dengan tersedianya asuransi kesehatan bagi karyawan. Manfaat ini tidak saja dirasakan oleh karyawan, namun juga dirasakan oleh perusahaan.

Berikut beberapa alasan kenapa perusahaan perlu menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawan:

1. Karyawan yang sehat akan bisa bekerja dengan baik dan mereka tak jadi sering izin tidak masuk kerja hanya karena sakit. 


2. Dengan tersedianya asuransi kesehatan maka karyawan akan merasa lebih tenang dan bebas dari rasa khawatir dalam bekerja. 


3. Tersedia dana cadangan yang bisa disediakan perusahaan ketika ada karyawan yang mengalami sakit dan butuh biaya berobat. Dana cadangan ini akan menjaga arus kas perusahaan tetap stabil (tidak mengganggu anggaran dana lainnya)


4. Alasan pentingnya perusahaan menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawan juga bisa menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara karyawan dengan perusahaan, berkurangnya tuntutan akan tunjangan atau kenaikan gaji, karyawan menjadi lebih loyal, dan akhirnya memberi hasil kerja terbaik dan peningkatan prestasi yang lebih signifikan.


Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat bagi Karyawan

Setelah mengetahui ada banyak alasan pentingnya perusahaan menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawan, maka yang berikutnya sering jadi pertimbangan adalah bagaimana memilih asuransi yang tepat bagi tiap-tiap karyawan, mengingat kebutuhan setiap orang akan terjaminnya kesehatan pastilah berbeda.

Berikut beberapa tips memilih asuransi kesehatan yang tepat bagi karyawan, yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan:

1. Mengenal terlebih dahulu keuntungan dan manfaat tiap produk asuransi kesehatan yang tersedia. Biasanya tiap produk tersebut memiliki kelebihan tersendiri tergantung perusahaan penyedianya. Mengenal banyak produk asuransi kesehatan juga bagus agar ada banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan. Salah satu perusahaan yang memiliki pilihan lengkap asuransi kesehatan adalah Lifepal. Kita bisa mencari tahu berbagai produk yang tersedia dengan mempelajari dan membacanya di website resmi mereka.  


2. Ada banyak perusahaan asuransi yang saat ini berkembang di Indonesia. Pilihlah perusahaan yang kredibel. Jangan sampai perusahaan merugi karena salah pilih atau karena layanan yang tidak profesional. Selain itu, pastikan perusahaan asuransi tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Pemilihan produk asuransi juga perlu mempertimbangkan premi dan plafon. Premi yang dipilih usahakan yang tidak memberatkan dan sesuai dengan kebutuhan karyawan. Lalu pertimbangkan pula dengan premi sebesar itu, berapa plafon yang tersedia, yang nanti akan dimanfaatkan oleh karyawa ketika mereka sakit. 

4. Rumah sakit rujukan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi juga perlu diketahui terlebih dahulu. Hal paling utama, pastikan kalau asuransi kesehatan yang diberikan kepada karyawan benar-benar bisa digunakan di rumah sakit yang menjadi rujukan. Sebaiknya, lokasi rumah sakit rujukan ada 2, yaitu satu di dekat perusahaan tempat karyawan bekerja dan satu lagi berlokasi di dekat tempat tinggal karyawan. 

5. Lihat pula bagaimana sistem pembayaran asuransi yang ditetapkan. Cobalah cari pembayaran seperti Lifepal yang memudahkan. Meski asuransi kesehatan tersebut dibeli untuk karyawan, sebaiknya pertimbangkan pembayaran kolektif langsung dari perusahaan saja untuk mencegah gagal bayar premi yang mungkin terjadi jika karyawan melakukan pembayaran sendiri. 

0 komentar:

Posting Komentar