Selasa, 17 Maret 2020

Bawang Bombay

Hasil produk pertanian yang berkualitas pastinya sangat diburu masyarakat untuk bahan masakan. Salah satu Perusahaan yang menjual berbagai hasil pertanian kualitas terbaik yaitu PT. Karya Baru Indonesia, yang juga merupakan supplier kapulaga dan juga produk pertanian lainnya.

PT. Karya Baru Indonesia sudah berpengalaman di bidang distribusi dan penyediaan hasil bumi. Bagi Anda yang sedang mencari supplier bawang bombay, PT. Karya Baru Indonesia layak untuk Anda pertimbangkan.

Berbicara tentang bawang bombay, pastinya tak lepas dari aroma khas dan rasanya yang nikmat untuk bahan masakan. Namun untuk mendapatkan bawang bombay yang berkualitas kita harus mengetahui ciri-cirinya. Nah berikut ini beberapa ciri bawang bombay kualitas terbaik dan juga manfaatnya.

Bawang Bombay Terlihat Segar

Bawang bombay yang masih segar ini biasanya masih memiliki umbi yang bagus. Kulit dari bawang bombay yang masih segar ini pun licin, dan seluruh isinya masih keras atau tidak lembek. Bawang bombay yang bagus biasanya masih ada akarnya, karena bawang yang masih memiliki akar akan mampu bertahan lebih lama.

Ujungnya Masih Utuh

Jika Anda menemukan bawang bombay yang ujungnya terkelupas atau kulitnya sudah rusak, biasanya tidak mampu bertahan lama dan lebih cepat menjadi busuk. Jika di rumah ada beberapa bawang bombay seperti ini, lebih baik segera dimasak.

Bawang Bombay Kering

Bawang bombay yang kering biasanya tidak mudah untuk tumbuh tunas. Itu tandanya bawang bombay masih baru dan layak untuk dimasak. Sedikit saran, jangan menaruh bawang bombay di dalam kulkas, karena udara dingin dan lembab seperti kulkas akan membuat bawang bombay cepat busuk sehingga aromanya menjadi tidak sedap. Jadi cukup simpan di tempat yang kering dan sejuk. 

Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Bukan hanya membuat makanan semakin sedap, bawang bombay memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat bawang bombay? Berikut diantaranya.

Kesehatan Jantung

Bawang bombay memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dari menjaga tekanan darah, hingga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Hal ini karena adanya kandungan kalium dalam bawang bombay yang memiliki efek penurun tekanan darah. Quercetin, salah satu jenis flavonoid dalam bawang bombay juga membantu kalium menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mencegah Terjadinya Kanker

Manfaat bawang bombay lainnya adalah sebagai pencegah kanker. Bawang bombay masuk ke dalam kelompok sayuran allium. Sayuran allium ini memiliki keutamaan mencegah kanker terutama kanker perut dan kolorektal (usus besar) karena senyawa organosulfur di dalamnya yang sangat tinggi.

Menjaga Mood

Olat yang ditemukan dalam bawang bombay ternyata juga bisa mengurangi gejala depresi. Folat mengurangi terbentuknya homosistein, senyawa yang bisa mencegah darah dan zat gizi mencapai otak dengan optimal.

Dengan menekan produksi homosistein, ini artinya produksi zat kimia di otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin bisa diproduksi dengan lancar. Produksi zat kimiawi otak ini yang lancar membuat otak lebih optimal mengatur suasana hati, siklus tidur, dan juga nafsu makan.

Menguatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang bombay juga sebagai penguat sistem imunitas tubuh. Polifenol dalam bawang bombay bertindak sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas. Berkurangnya tumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

Menjaga Kadar Gula Darah

Kromium yang terdapat dalam bawang bombay memiliki peran membantu mengatur kadar gula darah. Sulfur dalam bawang bombay membantu menurunkan gula darah dan memicu peningkatan produksi insulin.
Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar