Jumat, 10 April 2020

Kapulaga

Kapulaga merupakan jenis rempah yang sering digunakan sebagai penambah rasa serta aroma pada masakan. Selain itu, Kapulaga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di Indonesia, sudah banyak supplier kapulaga yang sangat mudah ditemukan.

PT. Karya Baru Indonesia merupakan salah satu tempat jual kapulaga dengan kualitas terbaik. Selain kapulaga, PT. Karya Baru Indonesia juga menjual produk hasil pertanian seperti,  beras, beras merah, ketan hitam, ketan putih, kacang tanah, kacang hijau, wijen, kacang tanah kupas, kacang mede, kacang hijau kupas, kacang merah azuki, kemiri, kapulaga, dan sebagainya. 

Jenis Kapulaga yang Ada di Indonesia

Pada dasarnya, ada dua jenis kapulaga yang ada di Indonesia, yakni kapulaga putih dan kapulaga hijau. Keduanya memiliki ciri yang berbeda, Berikut diantaranya.

Kapulaga Hijau

Kapulaga hijau merupakan varietas yang paling umum ditemukan, didistribusikan dari India ke Malaysia. Jenis ini sering digunakan untuk membumbui hidangan manis dan gurih. Rempah ini juga sering ditambahkan ke kari dengan rasa yang kaya serta masakan bersantan untuk menaikkan aromanya. 

Selain itu, Kapulaga varietas ini juga sering digunakan untuk membumbui teh dan kopi. Kapulaga hijau memiliki bentuk yang lonjong dan agak panjang serta pipih. Bijinya pun berwarna hitam.

Kapulaga Putih

Kapulaga putih dengan sebutan lain kapulaga Jawa memiliki nama ilmiah Amomum compactum. Bentuk buahnya seperti kacang Arab, bergaris-garis rapat dan berambut pendek halus, bermahkota sisa perhiasan bunga, bijinya berwarna hitam, dan kulitnya putih kecokelatan. Kapulaga putih merupakan rempah asli Indonesia.

Khasiat Kapulaga Bagi Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

kapulaga tidak hanya baik untuk menaikkan rasa, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Bumbu ini juga menstimulasi metabolisme, mengingat kandungan sifat antioksidan dan anti-peradangannya.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sifat antioksidan kapulaga dapat memperpanjang kesehatan jantung Kamu. Tidak hanya itu, bumbu ini juga tinggi serat; salah satu nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Membantu Pencegahan Kanker

Kapulaga sendiri telah menunjukkan potensi sebagai obat anti-kanker alami. Beberapa menelitian pada hewan menunjukkan bahwa rempah-rempah dapat digunakan untuk mencegah, menunda, dan bahkan membalikkan pembentukan kanker. 

Memerangi Asma

Bumbu ini bisa membuat penderita asma bernapas lebih mudah dengan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar paru-paru. Ia juga dapat melawan peradangan terkait dengan cara meringankan selaput lendir.

Meningkatkan Kesehatan Mulut dan Tenggorokan

Sifat antimikroba yang dimiliki Kapulaga sangatlah berkhasiat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mulut. Rasa tajam kapulaga bahkan merangsang aliran liur – dan ini dapat membantu mencegah karies gigi.

Itulah beberapa ulasan tentang jenis kapulaga yang ada di Indonesia berta khasiatnya. Nah bagi kamu yang ingin meraskan khasiat dari kapulaga, Silahkan menghubungi :
  • PT. Karya Baru Indonesia
  • Phone Call & WhatsApp : 0858 1166 1188
  • Email : [email protected]
  • Website : https://karyabaruindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar