Bagi Berbagai Informasi | 2020

Selasa, 21 Juli 2020

Pada , , | Selasa, Juli 21, 2020 Berkomentar
Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Online

Listrik telah lama menjadi kebutuhan krusial umat manusia. Hidup tanpa listrik bagaikan tidak tersentuh peradaban. Banyak cara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan listrik. Bagi masyarakat Indonesia, hampir semua wilayah sudah mendapatkan pasokan listrik dari PLN. Bahkan seiring berkembangnya teknologi, PLN tidak hanya menyediakan listrik pascabayar, listrik prabayar pun ada. Hingga Anda bisa dengan mudah cek tagihan listrik online.

Mudah Cek Tagihan Listrik via Online 

Listrik sebagai sumber penerangan sudah jadi kebutuhan pokok bagi seluruh umat manusia. Bayangkan saja, ketika terjadi pemadaman listrik misalnya hanya sepuluh menit, Anda pasti lebih banyak menggerutunya. Pekerjaan jadi terganggu, belum lagi kalau hasil kerja belum otomatis tersimpan, bisa kalang kabut mengejar tenggat waktu. 

Saking pentingnya listrik bagi kehidupan manusia, banyak cara dilakukan untuk memperoleh pasokan listrik. Hampir di seluruh bagian wilayah Indonesia, kebutuhan listrik dipasok oleh perusahaan listrik nasional atau PLN. Wilayah yang tidak terjangkau oleh PLN, bahkan sampai menggunakan diesel yang tentu lebih mahal biaya ketimbang tarif listrik PLN. 

Listrik PLN saat ini memiliki dua macam layanan pembayaran, pascabayar yang lebih dulu dikenal dan dipakai masayarakat dan prabayar yang sistemnya mirip pengisian pulsa seluler dan termasuk layanan terbaru. Kedua sistem pembayaran ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Listrik prabayar termasuk layanan terbaru dan paling direkomendasikan oleh PLN. Anda bisa mengisi pulsa listrik sewaktu-waktu, asal masih ada saldo daya listrik akan tetap menyala. Pembeliannya juga lebih mudah, Anda hanya perlu membeli token ke supermarket, konter pulsa, atau melalui bank. 

Berbeda halnya dengan listrik pasca bayar, Anda harus membayar tagihan pemakaian tiap satu bulan paling lambat pada tanggal 20. Setiap bulannya akan ada petugas dari PLN yang mengecek meteran listrik yang Anda gunakan untuk nantinya dikalkulasi dan memperoleh nominal tagihan listrik Anda.

Pengecekkan rutin meteran Anda oleh petugas resmi PLN akan menghadirkan rasa aman dengan sensasi lain karena langsung ditangani oleh pihak PLN. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika listrik sewaktu-waktu akan mati kecuali terjadi pemadaman listrik.

Keuntungan listrik pascabayar, Anda tidak perlu was-was kehabisan daya dan listrik padam tiba-tiba di tengah malam karena kelupaan mengisi pulsa. Meski demikian, Anda harus tetap rajin membayar tagihan listrik tiap bulannya, supaya terus bisa menikmati aliran listrik dan penerangan. 

Hal tersebut karena jika Anda sampai menunggak pembayaran tagihan listrik pascabayar, Anda akan dikenakan denda dari PLN. Bahkan lebih parahnya, jika Anda melewati tenggat waktu pembayaran berdasarkan surat peringatan yang dikirimkan pihak PLN, aliran listrik ke rumah Anda akan diputus oleh pihak PLN. 

Pembayaran listrik baik pra maupun pascabayar akan dibebankan biaya admin dan pajak walaupun listrik tidak digunakan atau tidak ada peralatan elektronik yang mengonsumsi listrik. Jika Anda menggunakan listrik pascabayar, Anda tidak bisa melakukan pengontrolan pemakaian listrik melalui meteran secara langsung dengan melihat sisa kWh seperti pada listrik prabayar.

Namun, Anda tidak perlu cemas. Semakin maju teknologi, sekarang Anda bisa cek tagihan listrik online. Caranya cukup mudah. Misalnya Anda bisa buka Tagihan Listrik Bhinneka.com, Anda tinggal mengakses website resmi mereka. Setelah masuk, Anda bisa klik Digital Product di pojok kanan atas. Kemudihan pilih menu tagihan listrik. Selanjutnya Anda masukkan nomor meteran listrik Anda dan Anda bisa mengetahui jumlah tagihan listrik yang dibebankan. 

Anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan listrik melalui Bhinneka.com. Caranya hampir sama seperti saat pengecekan, hanya Anda harus meneruskan ke pembayaran dan Anda bisa memilih cara pembayaran. Cara ini sangat praktis jika Anda malas membayar tagihan ke konter pulsa, supermarket, atau atm. Bahkan biaya adminnya lebih murah daripada memakai jasa bank atau supermarket. 

Bagi Anda yang memiliki konter pulsa dan menyediakan jasa pembayaran tagihan listrik maupun pembelian token bisa bekerjasama dengan Bhinneka.com. Anda bisa mengakses website Bhinneka.com dan cek tagihan listrik online pelanggan Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu memiliki banyak saldo untuk membayar tagihan pelanggan. Cukup setelah pelanggan membayar, Anda melakukan setoran. Jadi, jalin kerjasama dengan Bhinneka.com, “Belanja Bisnis Jadi Praktis”. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar