Bagi Berbagai Informasi | 2020

Senin, 05 Oktober 2020

Pada , , | Senin, Oktober 05, 2020 Berkomentar
4 Negara Ini Siap Beri Gratis Vaksin Covid 19

Saat ini dunia sibuk menanti adanya vaksin untuk virus covid-19. Bukan hanya vaksin, tetapi juga pengobatan tepat yang lebih bisa mengatasi penyakit ini lebih cepat dan mampu menurunkan angka kematian penderitanya. Vaksin covid 19 disinyalir baru akan tersedia pada awal sampai pertengahan tahun depan. Di Indonesia sendiri, pemerintah terus melakukan upaya dalam mengadakan vaksin ini, seperti bekerja sama dengan China dan perusahaan penyedia vaksin.

Vaksin Gratis untuk Warga

Walau belum benar-benar tersedia dan seluruh dunia pun masih berusaha menciptakan vaksin satu ini, terdapat beberapa negara yang sudah dari jauh hari menyatakan akan memberikan vaksin kepada warganya ‘cuma-cuma’ atau gratis. Ini dia keempat negara tersebut:

1. Jepang

Menjadi negara maju yang terkenal dengan susunan negara rapi, Jepang menjadi negara yang akan memberi vaksin secara gratis kepada warganya. Ini menjadi sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Jepang. Pemerintah Jepang mengungkapkan, kebijakan sekaligus program ni berupa pemberian gratis di tahap pertama saja.

Belum tahu nantinya berapa kali seseorang harus menjalani vaksin covid-19. Kebijakan mengenai vaksin ini merupakan hasil kerja sama dengan produsen obat di Inggris yang ditargetkan akan tersedia di awal tahun 2021 mendatang. Bila vaksin berhasil dikembangkan, maka pemerintah Jepang akan menyediakan sekitar 120 juta vaksin gratis.

2. Australia

Negara berikutnya yang menggratiskan vaksin covid-19 ialah Australia. Negara ini bekerja sama dengan universitas ternama yaitu Oxford University dan Queensland University dalam pengadaan vaksin. Kebijakan ini diungkapkan langsung oleh pihak Prime Minister of Australia. Bila uji vaksin berhasil, di tahun depan pemerintah Australia siap mengadakan 84,8 juta vaksin untuk para warganya.

Rencananya keberhasilan tersebut akan dilanjutkan dengan memproduksi vaksin di Melbourne. Nantinya vaksinasi akan dikategorikan ‘tidak wajib’ dan menjadi sebuah pilihan bagi warga Australia. 

3. Malaysia

Negara tetangga, Malaysia pun berencana akan memberi vaksin gratis. Meski belum pasti dan masih sebuah usulan dari pihak Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi, usulan tersebut tetap disambut baik. Tujuannya agar semua warga Malaysia bisa mendapatkan vaksin, tanpa harus kesulitan.

Serupa dengan Indonesia, Malaysia pun bekerja sama dengan China untuk pengadaan vaksin. Selain itu pemerintah terus melakukan negosiasi dengan banyak pihak agar harga vaksin bisa lebih terjangkau bila nanti sudah terjamin dan mulai diedarkan.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat pun ikut membuat rencana kebijakan dalam pemberian vaksin gratis pada semua warganya. Hal ini diutarakan oleh pemerintah AS di Bulan Juli lalu. Pemerintah juga melibatkan banyak pihak untuk pengadaan vaksin dan berusaha agar vaksin lebih cepat bisa digunakan.

Mereka menjelaskan bahwa uji coba vaksin saat ini masih dalam proses karena membutuhkan persyaratan yang lebih rumit. Begitu pun dengan uji coba yang melibatkan relawan yang masih membutuhkan waktu lama untuk membuktikan apakah vaksin aman dan berfungsi sesuai harapan.

Memang belum ada hal pasti mengenai vaksin covid-19 baik di Indonesia, maupun dunia. Semua negara berusaha melakukan terbaik demi mencegah penyebaran virus yang telah menyerang ratusan ribu jiwa. Untuk mencegah penyebaran, Anda pun memiliki peran sangat besar. Usahakan tidak sering berada di tempat umum, penuh kerumunan, ataupun kelompok. Menjaga jarak, meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan, dan gunakan masker sesuai standar.

Hubungi Halodoc sebagai aplikasi terbaik dalam mencari informasi dan berita terbaru seputar perkembangan virus covid-19. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan konsultasi mengenai kondisi kesehatan dengan banyak dokter pilihan. Termasuk berkonsultasi mengenai gejala covid-19, serta membuat jadwal tes rapid dan swab dengan lebih praktis.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar