Bagi Berbagai Informasi | 2020

Sabtu, 19 Desember 2020

Pada , , | Sabtu, Desember 19, 2020 Berkomentar
Mari Kenali Perbedaan Obligasi Pemerintah & Korporasi Disini

Investasi yang ditawarkan kini memiliki banyak jenis untuk anda pilih. Begitu pula, anda juga bisa memulai investasi dengan memilih salah satu jenis investasi yang dihadirkan. Salah satunya adalah obligasi atau bisa disebut surat utang yang dapat diperjual belikan. Dalam hal ini, obligasi pemerintah & korporasi adalah jenis obligasi yang sering terbit. Yuk simak perbedaannya disini.

Mengenal Obligasi Secara Lebih Dalam

Pada dasarnya, obligasi atau surat utang ini berisi tentang suatu pernyataan dari penerbit kepada pemegang obligasi. Surat tersebut bahkan berisi tentang janji pembayaran jumlah uang pokok dan kupon bunga yang bisa diperoleh saat jatuh tempo. Dalam hal ini, obligasi seringkali dikeluarkan oleh pemerintah dari Kementerian Keuangan maupun perusahaan korporasi seperti BUMN.

Surat utang yang dihadirkan dalam obligasi termasuk surat berharga karena bisa dijual belikan. Tentunya, surat ini memiliki banyak manfaat yang bisa anda nikmati. Dalam hal ini, obligasi termasuk sebagai salah satu investasi dengan menumbuhkan efek pendapatan tetap dari kupon bunga yang diberikan. Tentunya, investasi ini juga menghasilkan nilai investasi dan risiko yang relatif stabil.

Meski diterbitkan oleh pihak yang berbeda, obligasi pemerintah & korporasi memberikan manfaat yang besar sebagai alat investasi. Beberapa manfaat yang diperoleh dari investasi ini diantaranya bebas mencairkan obligasi sebelum jatuh tempo, memiliki pendapatan reguler, berpotensi mendapat keuntungan dari kenaikan obligasi dan menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi.

Perbedaan Antara Obligasi Pemerintah Dan Obligasi Korporasi

Perbedaan yang paling signifikan dari kedua jenis obligasi tersebut adalah penerbit yang mengeluarkan surat obligasi atau surat utang. Pengeluaran surat utang yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan, biasanya bertujuan untuk mendanai APBN pemerintah. Sedangkan obligasi korporasi biasanya meminta jasa rating untuk menilai surat ini.

Tentunya, penilaian yang dilakukan oleh jasa rating bertujuan untuk mengetahui kemampuan suatu perusahaan korporasi untuk membayar utang. Dalam hal ini, investasi obligasi yang dilakukan dengan membeli surat dari perusahaan korporasi memiliki risiko yang lebih tinggi. Hal ini bahkan bisa diketahui dari rating penilaian yang diberikan oleh jasa rating.

Dengan mengetahui sistem obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan perusahaan korporasi, anda tentu dapat memahami bahwa perbedaan obligasi pemerintah & korporasi terletak pada risiko yang ditimbulkan. Tentunya, obligasi pemerintah memiliki risiko yang sedikit dibandingkan dengan obligasi korporasi. Bahkan, obligasi pemerintah sangat aman karena sudah terjamin. 

Sayangnya, tingkat keamanan yang diberikan oleh obligasi pemerintah hanya menghasilkan imbal balik atau kupon bunga yang kecil. Untuk itu, anda bisa memilih jenis surat utang dari perusahaan korporasi jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Obligasi korporasi bahkan bisa memberikan imbal balik hingga 11% per tahun jika jatuh tempo melebihi 10 tahun.

Jika anda tertarik dengan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan korporasi, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal penting tentang perusahaan tersebut. Dalam hal ini, anda bisa memilih perusahaan go publik maupun memiliki rating yang baik dari jasa rating. Tentunya, kriteria ini dapat menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tidak akan mengalami kebangrutan.

Selain itu, anda juga bisa memilih surat obligasi yang memiliki nilai likuiditas di pasar. Tentunya, anda bisa memilih jenis obligasi pemerintah & korporasi dengan kriteria likuiditas yang baik. Pemilihan ini bahkan menjadi hal utama agar anda dapat terhindar dari risiko yang dapat ditimbulkan meskipun menjualnya pada kondisi mendesak.

Investasi obligasi merupakan jenis investasi yang memberikan keamanan melebihi investasi saham. Begitu pula, investasi ini dapat memberikan nilai imbal balik atau kupon bunga yang lebih besar dari pada deposito. Oleh karena itu, anda harus cermat untuk memilih ketika melakukan jenis investasi ini, seperti memilih jenis obligasi yang disediakan oleh HSBC.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar