Bagi Berbagai Informasi Terbaru

Minggu, 21 Maret 2021

Pada , | Minggu, Maret 21, 2021 Berkomentar
Tips Memilih Proyektor yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Proyektor menjadi barang yang ramai digunakan masyarakat seluruh dunia. Benda ini sangat mudah ditemui di perkantoran, kampus, sekolah, bahkan menjadi layar tancap untuk nonton bareng di desa-desa. Anda tidak perlu memberi benda ini karena sewa proyektor Bogor menyewakan berbagai jenis proyektor. Berikut ini akan diulas tips memilih proyektor yang sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Proyektor

1. Kenali Tipe-Tipe Proyektor

Terdapat tiga tipe proyektor, yaitu proyektor LCD, proyektor DLP, dan proyektor LCOS. Proyektor DLP dapat menampilkan gambar yang bagus dengan akurasi warna yang baik, namun proyektor ini memiliki rainbow effect yang cukup mengganggu. Setingkat lebih baik dari DLP, LCD menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Namun jika dalam resolusi besar akan muncul screen door effect.

LCD proyektor juga biasa disebut dengan infocus. Sebenarnya istilah ini kurang tepat karena infocus merupakan salah satu merk dari LCD proyektor. Sewa infocus Bogor menyewakan tipe-tipe proyektor yang cocok untuk acara anda. Tipe yang ketiga adalah LCOS, proyektor ini merupakan gabungan dari proyektor DLP dan LCD, sehingga kualitasnya lebih baik lagi.

2. Tentukan Brightness Sesuai Kebutuhan Anda

Brightness atau lumens adalah komponen yang perlu untuk anda pertimbangkan agar tidak salah memilih proyektor. Tiap proyektor memiliki ukuran lumens yang berkisar antara 800 sampai 4.000 lumens. Lumens yang digunakan di dalam kelas akan berbeda dengan lumens yang ditujukan untuk kantor atau hall besar.

Anda harus mengetahui dengan jelas event apa yang anda selenggarakan, termasuk bagaimana kondisi pencahayaan tempatnya, jumlah undangan yang hadir, dan jarak penonton paling belakang dengan layar. Jika anda bingung untuk menentukan lumens, anda bisa konsultasi dengan sewa proyektor Bogor. Berikut beberapa ukuran lumens yang biasa digunakan.

Untuk presentasi di ruang terbuka dengan pencahayaan sedang, seperti ruang kelas atau ruang kuliah, dapat menggunakan ukuran 2.500 lumens. Untuk acara sidang, gunakan lumens berukuran 3.000, acara siang hari dengan pencahayaan yang kuat dan undangan yang banyak, gunakan lumens lebih dari 3.500. Untuk konser dengan ribuan penonton, gunakan 10.000 – 15.000 lumens.

3. Perhatikan Fitur-Fitur dan Merk Proyektor

Tips selanjutnya adalah perhatikan dengan baik fitur-fitur yang dimilikinya. Apakah proyektor tersebut sudah dilengkapi dengan port USB, SD Card, VGA, HDMI, dan built-in speaker. Selain itu, anda juga harus memperhatikan usia lampu dan ukuran resolusinya. Jika anda menyewa di sewa proyektor Bogor, anda akan mendapatkan kualitas proyektor yang baik dan sesuai untuk event anda.

Pilihlah proyektor dari merk yang terpercaya. Proyektor dengan merk yang baik biasanya juga terjamin ketahanan dan fitur-fitur yang dimilikinya. Selain itu,  anda juga akan mendapatkan garansi yang jelas dan kemudahan dalam service jika terjadi ketidakfungsian pada proyektor.

Usahakan proyektor memiliki usia lampu hingga 2.000 jam. Namun usia lampu ini juga dipengaruhi oleh brightness, semakin kecil lumens-nya maka semakin sedikit pula daya yang dibutuhkan. Resolusi yang baik dan besar akan menghasilkan gambar yang besar dan jernih. Berbeda kebutuhan, beda pula resolusi yang digunakan.

Jika proyektor digunakan untuk presentasi di kelas, ukuran resolusi gambar yang standar digunakan adalah sebesar 600 x 800 atau 480.000 pixel. Jika keperluannya adalah untuk menonton film di tempat yang luas dan memerlukan hasil gambar yang tajam, maka resolusi yang bisa digunakan adalah SVGA 800 x 600, XGA 1024 x 768, dan SXGA 1080 x 1024 x 768.

Itulah beberapa tips yang perlu anda lakukan sebelum memilih proyektor. Khususnya bagi anda yang ingin membeli, tips ini harus anda perhatikan dengan baik untuk meminimalisir menyesal di kemudian hari. Jika anda ingin menyewa proyektor, pastikan memilih tempat sewa yang terpercaya.

0 komentar:

Posting Komentar