Bagi Berbagai Informasi Terbaru

Jumat, 09 April 2021

Pada , | Jumat, April 09, 2021 Berkomentar
5 Perawatan Pasca Melahirkan yang Harus Bunda Ketahui, Cari Tahu di SehatQ.com

Melahirkan merupakan sebuah momen yang bisa dibilang antara hidup dan mati. Namun, setelah proses itu terjadi pastinya Bunda dan keluarga akan merasakan kebahagiaan tak ternilai. Untuk itu, anda pun perlu memahami bagaimana bentuk perawatan pasca melahirkan. Hal ini bertujuan agar kondisi ibu dan bayi setelah melahirkan segera lekas membaik.

Pasca Melahirkan, Bunda Juga Harus Melakukan Perawatan ya!

1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Setelah melewati proses melahirkan tentunya tubuh akan merasa lemas dan lunglai meskipun tetap akan terbayarkan dengan kelahiran buah hati dengan selamat. Tetapi, akan lebih baik jika Bunda juga memperhatikan kesehatan diri untuk mempersiapkan pemberian ASI kepada Si Kecil. Untuk memberikan ASI tentunya Bunda harus mengonsumsi makanan sehat.

2. Beristirahat Dengan Cukup

Melahirkan tentu membutuhkan tenaga yang besar, baik normal maupun caesar. Apapun proses yang dipilih tidak akan mengurangi rasa lelah yang akan dihadapi oleh Bunda. Oleh karena itu, beristirahatlah dengan cukup untuk mengembalikan tenaga yang telah dikeluarkan. Istirahat juga merupakan bentuk perawatan pasca melahirkan, terlebih jika Bunda melahirkan dengan cara caesar.

Lalu bagaimana jika Si Kecil rewel? Tentunya Bunda harus bekerjasama dengan suami dan keluarga. Tidurlah saat Si Kecil juga tidur sehingga tenaga juga bisa terisi. Meskipun waktu istirahat yang akan Bunda nikmati tidak bisa lama namun anda tetap harus memanfaatkannya. Untuk itu, diperlukan kerja sama antara ibu dan ayah dalam mengatasi masalah tersebut.

3. Perawatan Payudara

Setelah melahirkan jangan heran jika payudara akan membengkak, kondisi seperti ini akan dialami oleh ibu menyusui. Pembengkakan ini juga akan disertai sedikit rasa nyeri, sehingga untuk mengurangi bengkak dan rasa nyeri tentu ASI harus segera dikeluarkan. Namun tidak mungkin rasanya jika Si Kecil akan meminum ASI dengan jumlah banyak.

Solusi dari hal tersebut adalah memompanya dan disimpan dalam kantong ASI kemudian dapat dibekukan pada lemari pendingin. Bunda bisa membeli alat pompa ASI di toko sehatQ yang bisa diakses pada https://toko.sehatq.com yang menyediakan berbagai macam alat untuk perawatan yang tentunya Bunda dan Si Kecil butuhkan seperti botol susu yang akan berguna.

4. Perawatan Hemoroid

Tidak semua ibu pasca melahirkan mengalami pemunculan hemoroid, tetapi juga tidak akan menutup kemungkinan untuk mengalami hal tersebut. Seringkali hal ini terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh dara vena pada anus karena efek dari mengejan dan tekanan. Namun Bunda tidak perlu khawatir apabila terjadi keadaan seperti ini.

Hemoroid tentu bisa dihilangkan dan disembuhkan seiring berjalannya waktu. Bunda bisa mengatasi dengan mengompresnya dengan air hangat 10 hingga 15 menit dan dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Selain dengan cara mengompres Bunda juga bisa membeli produk kesehatan yang bisa membantu keadaan dini di toko sehatQ dan tentu harga terjangkau.

5. Perawatan Rambut dan Kulit

Kerontokan rambut dan adanya beberapa masalah kulit juga sering terjadi setelah Bunda melahirkan. Namun jangan khawatir, semua itu akan segera hilang jika bunda merawatnya dengan baik. Untuk masalah kulit Bunda bisa menggunakan salep rekomendasi dokter dan juga tetap merawat rambut dengan baik agar kerontokan tidak semakin parah.

Menjadi ibu memanglah tidak mudah, dari awal mengandung hingga Si Kecil akan bertumbuh dewasa. Dalam proses untuk menjadi ibu tidaklah Bunda mencemaskan hal-hal yang tidak perlu dicemaskan, berfokus untuk tetap melakukan pemulihan. Bahagia merupakan kunci agar tetap bisa mengasihi Si Kecil, tetap semangat dan selamat mengasihi!

0 comments:

Posting Komentar