Bagi Berbagai Informasi Terbaru

Selasa, 20 April 2021

Pada , , | Selasa, April 20, 2021 Berkomentar
Membangun Sistem Integrasi Marketplace dengan Crinoid

Di Indonesia ada banyak marketplace populer yang menjadi tempat berbelanja online favorit masyarakat. Hal ini membawa dampak menguntungkan bagi pelaku usaha. Supaya pengelolaan toko online lebih tertata, pelaku usaha disarankan untuk membangun sistem integrasi marketplace.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang pembangunan sebuah sistem integrasi beberapa marketplace hanya dengan satu aplikasi. Crinoid namanya, aplikasi yang diluncurkan pada 2020 ini memiliki tujuan untuk membantu pengusaha, khususnya pelaku UMKM untuk go online.

Permasalahan dalam Mengelola Toko Online

Mengelola toko online tampak seperti pekerjaan yang remeh. Padahal ada banyak hambatan yang dialami oleh pengusaha ketika menggeluti bisnis online. Berikut penjelasannya:

• Pengaturan Toko yang Rumit

Hal pertama yang kerap dikeluhkan oleh para pebisnis online adalah pengaturan atau konfigurasi toko yang cukup rumit. Biasanya, hal ini dikeluhkan oleh pemula yang baru terjun di bidang ini. 

Untuk mengelola satu toko di marketplace saja sudah cukup rumit. Bagaimana jadinya kalau Anda harus mengurus banyak toko sekaligus? Jika pengelolaan toko online kurang baik, hasil penjualan pun menjadi tidak maksimal.

• Kesulitan Alokasi Stok di Semua Toko

Setelah konfigurasi atau pengaturan toko selesai, Anda juga harus melakukan input produk yang akan dijual. Anda butuh waktu berjam-jam untuk memasukkan produk satu per satu ke marketplace. Tentunya Anda butuh waktu lebih banyak untuk memasukkan produk di beberapa toko sekaligus.

Stok juga harus selalu diupdate. Ketika ada pelanggan yang membeli produk melalui marketplace A, secara otomatis stok produk berkurang. Oleh karena itu, Anda harus melakukan update stok untuk produk yang sama di semua marketplace. Rumit, bukan?

• Kurangnya Tenaga Kerja untuk Mengurus Toko

Supaya bisnis bisa berjalan dengan lebih efektif, pelaku UMKM disarankan untuk mempekerjakan tenaga khusus untuk mengelola toko online. Sayangnya, hanya ada segelintir orang yang paham bagaimana cara mengurus toko online.

Sulitnya mencari tenaga kerja yang cocok untuk menjalankan sebuah toko online justru akan memperlambat pertumbuhan usaha.

• Laporan Keuangan yang Kurang Akurat

Tak sedikit UMKM yang sudah melebarkan sayapnya di sektor online. Meskipun begitu, banyak di antara UMKM tersebut yang masih menyusun laporan keuangan secara manual. Akibatnya, selisih jumlah sering terjadi dan laporan keuangan juga kurang akurat.

Crinoid: Solusi Membangun Sistem Integrasi Marketplace

Semua kendala yang biasa dialami oleh pelaku usaha online di atas bisa diatasi hanya dengan satu aplikasi. Namanya adalah Crinoid yang bisa Anda pakai untuk mengatur produk, stok, mengganti harga, serta mengelola promosi untuk memajukan toko online.

Crinoid ini dirancang khusus oleh tim Bhinneka untuk mengakomodasi kebutuhan pebisnis, mulai dari UMKM, wiraswasta, hingga online shop. Bhinneka sadar betul bahwa kesuksesan bisnis online bisa lebih mudah dicapai dengan membangun sebuah sistem integrasi marketplace.

Perlu Anda ketahui bahwa Crinoid ini sudah mendukung 3 marketplace besar di Indonesia antara lain Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan menggunakan Crinoid, antara lain:
  • Mengintegrasikan input produk yang akan dijual
  • Mengelola daftar produk baru di marketplace
  • Mengatur stok
  • Memproses order dari pelanggan yang sudah masuk
  • Mengelola proses pengiriman produk ke alamat pembeli
  • Laporan penjualan dari setiap marketplace

Fitur yang Dimiliki Crinoid

Untuk menjalankan semua fungsi yang sudah disebutkan para poin-poin di atas, Crinoid memiliki beberapa fitur unggulan, yakni:

• Multi Partner

Fitur ini berguna untuk mempermudah pelaku bisnis untuk terhubung dengan distributor, reseller, atau agen. Dengan fitur ini pula pengguna bisa memilih beberapa opsi distributor dan agen dalam menambahkan jumlah produk yang akan mereka tawarkan.

Fitur ini sangat mempermudah para pengusaha untuk mendapatkan distributor tanpa harus mendatanginya satu per satu. 

• Multi Warehouse

Fitur Multi Warehouse atau gudang yang dimiliki Crinoid ini berfungsi untuk mengatur jumlah stok produk hanya menggunakan satu dashboard. Hal ini tentu saja mempermudah pemilik toko online dalam melakukan pengiriman pesanan dari gudang paling dekat dengan lokasi pembeli.

• Lock Price

Fitur Lock Price bisa Anda pakai untuk mengedit atau mengubah harga produk di beberapa toko di marketplace. Fitur ini sangat memudahkan karena cukup dengan satu kali mengganti harga, semua toko di marketplace akan mengikuti.

• Monitoring Channel Penjualan

Fitur Monitoring Channel Penjualan memiliki peran yang penting pada alur penjualan produk karena pebisnis bisa melakukan analisis bersumber laporan transaksi. 

Dengan memakai fitur ini, Anda bisa melakukan analisis terhadap performa toko dan mengambil keputusan untuk meningkatkan atau mempertahankannya.

• Laporan Penjualan

Dengan adanya Crinoid, Anda tak perlu repot-repot menggunakan jasa seorang akuntan atau konsultan keuangan lainnya. Cukup dengan memakai Crinoid, Anda akan mendapat laporan penjualan secara otomatis dari setiap marketplace pada periode yang sudah ditetapkan.

Kelebihan Menggunakan Crinoid bagi UMKM

Penjelasan di poin-poin sebelumnya sudah cukup menjelaskan bahwa Crinoid adalah aplikasi yang paling dibutuhkan pengusaha online saat ini. Di bawah ini terdapat rangkuman mengenai kelebihan menggunakan Crinoid yang bisa dirasakan oleh para pelaku UMKM:

• Tak Butuh Modal Besar

Keunggulan atau kelebihan pertama yang dimiliki oleh Crinoid adalah tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar. Apalagi saat ini sedang ada penawaran menarik berupa diskon sebesar 80% untuk biaya transaksi. Ditambah dengan pembebasan biaya setup senilai 3,5 juta rupiah.

Crinoid memang meminta penggunanya untuk membayarkan biaya layanan. Namun biaya tersebut bisa dibilang sangat murah, apabila dibandingkan dengan keuntungan yang didapatkan oleh pengguna.

Jika dibandingkan, biaya layanan Crinoid jauh lebih mudah dibandingkan dengan biaya untuk mengelola marketplace secara manual.

• Daya Tarik Konsumen Tinggi

Dengan memanfaatkan Crinoid, kualitas pelayanan toko Anda akan mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Waktu yang diperlukan untuk memproses order pelanggan menjadi lebih cepat karena Anda hanya menggunakan satu platform.

Dengan begitu, konsumen akan memberikan tingkat kepercayaan yang tinggi kepada toko Anda. Konsumen tersebut tidak akan sungkan kembali ke toko Anda. Bahkan mereka akan suka rela menceritakan toko Anda kepada  orang-orang di sekitarnya.

• Laporan Penjualan Diupdate Rutin

Laporan penjualan harus dibuat secara rutin supaya bisa dipakai untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja toko. Dengan memakai Crinoid, Anda akan mendapatkan fasilitas berupa pengiriman laporan penjualan secara rutin.

Laporan tersebut disusun secara rapi dan mudah untuk dipahami. Tujuannya adalah supaya pengguna bisa melakukan evaluasi yang lebih maksimal terhadap performa tokonya.

• Lebih Efektif dan Efisien dari Segi Waktu

Platform marketplace semakin mengalami peningkatan jumlah setiap hari. Artinya, pelaku usaha juga harus bersiap untuk mengelola banyak toko di beberapa marketplace. Dengan menggunakan Crinoid, Anda bisa membangun sebuah sistem integrasi marketplace yang memudahkan pekerjaan.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi Crinoid, kunjungi halaman Aplikasi Marketplace Terbaru dari Bhinneka.com untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Petugas dari Bhinneka akan langsung mengarahkan Anda untuk melakukan registrasi dan membayar biayanya.

Sebagai informasi, Bhinneka merupakan salah satu marketplace asli Indonesia yang memiliki alamat di bhinneka.com. Di marketplace tersebut, Anda akan menemukan banyak sekali produk dengan harga miring. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai distributor bisnis yang Anda jalankan saat ini.

0 comments:

Posting Komentar