Bagi Berbagai Informasi Terbaru

Minggu, 30 Mei 2021

Pada , | Minggu, Mei 30, 2021 Berkomentar
Berikut 7 Aplikasi Untuk Kuliah Online yang Harus Kamu Ketahui

Semenjak adanya Pandemi Covid-19 dari tahun 2020 lalu kini sistem pembelajaran semakin beralih ke sistem belajar online, termasuk sistem pembelajaran pada perkuliahan dan perkantoran. Sebagai mahasiswa kamu harus tahu aplikasi apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang metode pembelajaran ini.

7 Aplikasi yang Mendukung Perkuliahan Online

1. Hangout

Terdapat beragam kelebihan dari aplikasi bawaan google ini untuk menunjang proses pembelajaran kamu. Tampilan user yang interface dan fitur chatting saat mode video call berlangsung akan memudahkan kamu untuk proses komunikasi. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk kamu berkomunikasi dengan sejumlah orang dikelas sekaligus.

Aplikasi ini juga tak hanya digunakan di dekstop saja, smartphone kamu juga bisa mengaksesnya lho. Namun ada satu kekurangan dari aplikasi ini jika kamu gunakan untuk kuliah online kamu, yaitu banyaknya memori ponsel yang akan dibutuhkan jika kamu mengakses aplikasi ini melalui smartphone.

2. Skype

Kamu tentu sudah mengetahui aplikasi ini karena aplikasi ini begitu populer dikalangan masyarakat yang membutuhkan fitur komunikasi jarak jauh. Aplikasi ini mampu melakukan panggilan hingga 70 orang sekaligus secara bersamaan. Kualitas suara yang dihasilkanpun lebih bagus dan privasi kamu akan telindungi lebih aman.

Meskipun kapasitasnya yang cukup besar dan mengharuskan internet yang benar-benar stabil untuk menggunakan aplikasi ini, namun sistem operasi Windows, linux, Mac, serta Smartphone Android dan iOs akan sangat cocok dengan aplikasi ini. Hal ini membuat Skype menjadi populer an sering digunakan.

3. Zoom

Merupakan aplikasi yang sangat tepat untuk para pengguna smartphone, Zoom Cloud Meetings ini sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Kamu bisa mengakses aplikasi ini dengan lancar meski hanya memiliki jaringan 3G tanpa harus memakan banyak kuota internet. Aplikasi ini juga dapat melakukan panggilan video dengan mengirim teks bersamaan sekaligus.

4. Google Duo

Google duo adalah produk lain dari Google yang dapat dijadikan sebagai alat komunikasi jarak jauh. Koneksi aplikasi ini cenderung lebih cepat dan stabil. Tersedia juga fitur Knock Knock berupa tampilan preview video saat ada panggilan yang masuk dan adanya teknologi end to end encrypted.

Hanya saja Google Duo masih belum terlalu bagus untuk digunakan kuliah online. Ada keterbatasan pengguna yang membuat tak banyak orang yang bisa masuk untuk join panggilan video. Namun aplikasi ini masih sangat baik digunakan untuk panggilan grup kecil lainnya seperti saat kamu ingin menjalani bimbingan skripsi.

5. Youtube

Tahukah kamu bahwa platform youtube kini sudah berkembang yang dulunya hanya menjadi media komunikasi satu arah, sekarang sudah dapat berkomunikasi dua arah antar penggunanya. Terdapat fitur siaran langsung yang bisa dimanfaatkan dosen untuk memberi materi perkuliahan dan mahasiswa dapat berkomunikasi dengan dosen melalui kolom chat.

6. LINE

Aplikasi buatan Jepang ini memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia. Hal itu tentu sangat wajar karena aplikasi LINE memiliki tampilan user yang interface. LINE dapat diakses melalui smartphone maupun dekstop. Tak hanya itu, LINE memiliki fitur siaran langsung dan dapat berkomunikasi dengan 200 pengguna secara bersamaan melalui panggilan video.

Hanya saja mungkin tak akan banyak yang menggunakan LINE untuk dimanfaatkan sebagai sarana belajar online. Aplikasi ini membutuhkan ruang penyimpanan memori yang cukup besar dan juga koneksi internet yang sangat lancar. Tentu akan menjadi halangan bagi para mahasiswa dan dosen yang memiliki kendala ini.

7. Cisco Webex

Apakah kamu sudah pernah mendengar aplikasi ini? Kebanyakan aplikasi ini digunakan bagi para pebisnis yang melakukan percakapan dengan para cliennta melalui smartphone dengan video, gambar, maupun suara. Dengan aplikasi ini kamu dapat merekam pembicaraan, menyunting, dan memutarnya kembali, serta kualitas audio dan videonya yang terintegrasi.

Itulah 7 aplikasi untuk komunikasi online yang sangat berguna bagi proses pembelajaran dan perkuliahan kamu. Dengan kemajuan teknlogi, sebuah kendala besar seperti pandemi tidak boleh menghalangimu untuk tetap belajar dan mengejar impianmu. Tetap semangat saat belajar diperkuliahanmu ya!

0 komentar:

Posting Komentar