Bagi Berbagai Informasi Terbaru

Sabtu, 12 Juni 2021

Pada , | Sabtu, Juni 12, 2021 Berkomentar
Cara Tepat Memilih Daging Untuk Dimasak Dengan Resep Rendang Padang

Rendang merupakan salah satu makanan khas Padang yang banyak diminati oleh semua kalangan. Masyarakat lokal maupun mancanegara mengenal rendang sebagai makanan nikmat dengan perpaduan rempah pilihan. Bagi anda yang ingin mencoba resep rendang Padang, alangkah baiknya jika memahami cara memilih daging sapi sebagai bahan utama masakan ini. Berikut selengkapnya.

Tips Memilih Daging Sapi Untuk Membuat Rendang

1. Memilih Daging Hewan Yang Sudah Cukup Usia

Membeli daging di pasar mungkin seringkali membuat anda bingung ketika hendak memilih daging hewan yang sudah cukup usia. Padahal, hewan yang cukup usia sangat menentukan kualitas daging yang nikmat sebagai olahan makanan. Sebagaimana pemilihan hewan untuk kurban, daging sapi yang cocok untuk masakan rendang telah berusia sekitar 2 tahun.

Hal ini selaras dengan pendapat Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort Bahran dari Suara.com bahwa daging sapi yang cocok untuk rendang berasal dari hewan yang cukup usia. Tidak berasal dari sapi tua (sudah beranak) dan terlalu muda. Dengan memilih daging ini, anda bisa mendapatkan rasa dan tekstur rendang yang pas.

Sayangnya, pemilihan daging sapi untuk resep rendang Padang berdasarkan usia tak mudah untuk dilakukan. Hal ini karena beberapa orang yang membeli daging di pasar tidak melihat langsung jenis hewan sapi yang disembelih. Begitu pula, beberapa pedagang yang tidak jujur biasanya tidak akan menjawab tentang kondisi sebenarnya terkait daging yang dijualnya.

2. Memperhatikan Kondisi Daging

Dalam memilih daging yang sesuai, kondisi fisik adalah cara ampuh yang bisa anda amati. Pasalnya, kondisi fisik daging dapat menjelaskan secara nyata terkait kualitasnya. Misalnya saja menentukan jenis daging yang masih segar, berasal dari sapi yang sehat dan telah memiliki usia yang cukup.

Langkah utama yang bisa anda lakukan dalam memilih daging berasal dari baunya. Anda perlu memastikan bahwa daging yang dijual tidak memiliki bau busuk dengan ammonia yang menyengat sebagai pertanda daging yang segar. Pilihlah daging dengan permukaan tanpa bintik-bintik putih karena kondisi tersebut menandakan daging tidak disimpan dengan baik.

Memilih daging yang hendak dimasak dengan bumbu rendang padang dapat dilakukan dengan melihat warna. Semakin merah warnanya menandakan daging sapi yang dijual lebih segar. Meski demikian, anda bisa memilih daging berwarna merah kecoklatan karena melewati pembekuan dan terpapar suhu ruangan lebih dari 30 menit.

Untuk melihat daging sapi dengan usia yang cukup, anda bisa memilih daging dengan tekstur pori-pori yang agak kecil. Jangan khawatir terhadap daging yang basah akibat tidak digantung. Hal ini karena darah yang terdapat pada daging tidak mengalir. Sebagai contohnya, anda bisa mengamati daging impor di supermarket pada styrofoam dengan tisu di bawahnya.

3. Memilih Potongan Bagian Tubuh Yang Pas

Cara lain dalam memilih daging yang pas adalah memilih bagian tubuh yang pas. Lazimnya, kondisi ini akan menentukan kenikmatan rasa masakan yang dihasilkan jika dipadukan dengan bumbu rendang Padang.  Dilansir dari Suara.com, chef yang sudah berkeliling dunia menyarankan bagian terluar paha sapi belakang atau topside adalah bagian terbaik untuk membuat masakan ini.

Lazimnya, topside memiliki tekstur yang tidak mudah hancur karena rendang membutuhkan proses memasak yang lama agar bumbu meresap di dalamnya. Meski demikian, anda bisa memilih bagian paha dalam jika ingin menghadirkan masakan rendang dengan tekstur yang lebih empuk dan nikmat.

Itulah beberapa ulasan yang perlu anda perhatikan dalam memilih daging yang tepat untuk membuat rendang. Hal ini penting untuk dilakukan karena daging merupakan bahan utama dalam masakan ini. Jika anda bingung dengan jenis bumbu yang dibutuhkan, bumbu praktis farayya adalah solusinya. Informasi lengkapnya bisa anda peroleh dari bumbufarayya.com.

0 komentar:

Posting Komentar