Bagi Berbagai Informasi Terbaru

Rabu, 23 Juni 2021

Pada | Rabu, Juni 23, 2021 Berkomentar
Yuk Cari Tahu Bagaiamana Keutamaan dan Uruan Bacaan Zikir Pagi yang Benar
 
Zikir di pagi hari sangat dianjurkan karena dapat menambah keimanan serta memberi semangat tambahan untuk melewati hari. bahkan pelaksananya juga mendapat perlindungan dari Allah SWT dan dapat mendapatkan keberkahan ekstra. Berkiatan dengan hal tersebut, yuk simak keutamaan serta urutan bacaan zikir pagi sebagai berikut.

Keutamaan Zikir Pagi

Zikir atau dzikir merupakan kosakata yang berasal dari bahasa arab dan mengandung pengertian sesuatu yang dituturkan lidah dengan kondisi hati yang mengingat Allah. Sehingga secara istilah, zikir adalah segala perbuatan ibadah seperti tasbih, tahmid, sholawat, membaca Al Quran, dan berdoa yang dilakukan untuk mengingat Allah dan keagungannya.

Zikir sudah pasti membawa keberkahan bagi muslim yang melakukannya. Jiwa manusia juga dijamin tenang dan pikiran terlepas dari beban. Hal tersebut sesuai dengan apa yang tertuang di dalam QS. Ar-Ra’d 28 yang arti potongan ayatnya adalah “……ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” 

Bahkan anjuran tentang zikir sudah dituliskan oleh Allah di dalam QS. Ar rum 17 yang artinya, “Maka bertasbhkah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di pagi hari.” hendaknya sebagai umat Islam kita semua mengamalkan bacaan zikir pagi dengan baik. tidak perlu waktu lama, dan anda bisa melakukannya sesudah sholat subuh.

Selain kemudahan di dunia, zikir juga akan membuat surga menanti anda. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah dalam sebuah hadis HR. Bukhari. Tidak heran bahwa zikir memiliki keutamaan yang sangat besar badi manusia. pada mulanya memang sulit untuk terbiasa melakukannya, namun lama kelamaan akan menjadi rutinitas yang otomatis.

Urutan Zikir Pagi 

Setelah mengetahui bagaiaman keutamaan zikir di pagi hari, sekarang mari kita bahas bagaiamana urutan zikir pagi yang benar. Pertama tama dimulai engan surat Al-Fatihah kemudian Al-Baqarah 5 ayat pertama. Jika sudah, lanjutkan dengan bacaan Ayat Kursi. Aayat tersebut membuat anda terjaga dari godaan setan dan perlindungan untuk keluarga dan harta benda. 

Apabila sudah memvaca Ayat Kursi, anda bisa melanjutkan bacaan zikir pagi dengan membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An Naas masing masing dengan pengulangan 3 kali. Setelah menyelesaiakn urutan yang telah diberikan, anda bisa melanjurkan zikir denan bacaan bacaan lain untuk semakin mengingat Allah.
 
Agar lebih mudah, anda bisa menggunakan aplikasi zikir yang dapat dengan mudah anda unduh melalui ponsel. Biasanya di dalam aplikasi tersebit sudah terdapat bacaannya dengan lengkap dengan tulisan arab maupun latin, sehingga anda bisa menggunakannya dengan mudah. jika sudah selesai membacanya, jangan lupa tutup zikir dengan doa.

Doa akhir ini akan membuat zikir semakin komplit. Semua yang termuat di dalam bacaan zikir itu semata mata hanya memuji keagungan Allah sekaligus menunjukkan bahwa kita adalah hamba-Nya yang lemah dan memerlukan bantuannya di setiap langkah. Di bagian doa akhir ini, juga memuat sholawat untuk Rasulullah agar kita bisa mendapat syafaatnya di akhirat.

Bacaan zikir pagi hendaknya dilakukan dengan rutin. Sebenarnya bukan di pagi hari saja, waktu terbaik untuk berdzikir selanjutnya adlaah dikala petang. Anda bisa melakukannya setelah sholat maghrib sembari membaca Al-Quraan. Tak perlu waktu lama, anda bisa langsung memulai sholat Isya dan beristirahat dengan nyaman.

Tidak dapat dipungkiri apabila pekerjaan yang sibuk kerap kali membuat manusia tidak sempat berzikir secara rutin. Bahkan sholat saja masih ada yang terlewat. Hal tersebut perlu segera diperbaiki karena waktu yang sudah terlewat tidak dapat diulang kembali. Jangan sampai anda merugi karena tidak menyelaraskan antara kehidupan dunia dan kebutuhan akhirat. 

0 comments:

Posting Komentar