Bagi Berbagai Informasi Terbaru

Rabu, 22 September 2021

Pada , | Rabu, September 22, 2021 Berkomentar
Istilah Mobil / Sejarah Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Mobil memiliki sejarah panjang di seluruh dunia. Mobil memiliki peran penting saat ini. Di dalam jual beli mobil, akan ada istilah mobil / sejarah mobil yang terkadang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa istilah mobil yang mungkin harus Anda ketahui sebelum membelinya.

1. Istilah Harga On The Road dan Off The Road

Saat sales menawarkan dan memperlihatkan price list mobil kepada Anda, maka biasanya akan tampil tulisan dengan istilah harga on the road dan harga off the road. Lalu, apa arti dari istilah tersebut?

On the road merupakan istilah yang merujuk pada mobil yang dijual dengan kelengkapan dokumen seperti BPKB dan STNK, lengkap dengan biaya pengurusan pajak. Sedangkan off the road merupakan mobil tanpa kelengkapan dokumen resmi dari kepolisian.

2. Istilah Inden

Inden sendiri merupakan sebuah istilah yang menginformasikan bahwa mobil yang ingin Anda beli belum tersedia di dealer. Itu artinya Anda harus menunggu mobil tersebut dan datangnya stok baru di dealer.

Mobil dengan istilah inden ini masih sulit sekali untuk didapatkan. Bahkan Anda yang mengunjungi pameran mobil pun belum tentu bisa mendapatkan mobil yang masih inden.

3. Tanda Jadi

Istilah tanda jadi biasanya bagi orang yang berencana membeli mobil di sebuah pameran. Sales yang menjaga pameran tersebut kemudian akan meminta Anda untuk menyerahkan sejumlah uang, atau yang disebut dengan tanda jadi.

Istilah tanda jadi juga biasa disebut juga dengan uang muka. Namun, berbeda dengan uang muka, uang tanda jadi ini nantinya bisa digabungkan dengan uang muka jika Anda membelinya secara kredit, atau bisa juga untuk mengurangi total harga mobil tersebut.

4. Istilah TLO dan All Risk

Istilah yang selanjutnya ini umumnya berkaitan dengan produk asuransi. All risk adalah sistem pertanggungan yang menjamin berbagai jenis kemungkinan kerugian seperti kehilangan mobil, kerusakan, dan sebagainya.

Sedangkan total loss only adalah produk asuransi yang hanya khusus untuk kehilangan kendaraan saja.

Itulah beberapa istilah mobil yang perlu Anda ketahui. Beberapa istilah di atas bahkan sering muncul pada saat Anda berencana membelinya. 

0 comments:

Posting Komentar