Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu Juga Bahwa Massa Otot adalah Hal yang Penting untuk Kesehatan Tubuh


Untuk mendapatkan berat badan ideal, kebanyakan tips diet menganjurkan untuk menjaga porsi makan dan juga berolahraga. Tapi dua hal itu saja tidaklah cukup, karena diet juga perlu memperhatikan massa otot. Massa otot adalah jumlah otot yang terdapat didalam tubuh. Yuk, kita cari tahu seputar massa otot untuk kesehatan tubuh.

Menjaga Massa Otot Baik untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga massa otot agar tetap sehat dianggap penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama pada orang dewasa. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Harvard Medical School  bahwa setelah usia 40 tahun massa otot seseorang akan menurun sebesar 1% setiap tahunnya. Kesimpulannya, tubuh jauh lebih mudah mengalami kendala seperti kaku dan lemah otot.

Saat massa otot mengalami penurunan, maka resiko pengeroposan tulang pun juga akan semakin besar. Ditambah lagi massa otot dengan jumlah yang sedikit juga bisa meningkatkan resiko komplikasi pasca dilakukannya operasi bedah. Massa otot merupakan hal yang cukup krusial terkait dengan kemandirian dan kualitas hidup seseorang terutama bagi para lansia.

Cara Menjaga Massa Otot Seiring dengan Bertambahnya Usia

1. Rajin Berolahraga

Salah satu cara menjaga massa otot adalah dengan tetap aktif berolahraga. Jenis olahraga seperti bersepeda, plank, abdominal crunh, dan juga mendaki gunung bisa menjadi pilihan yang efektif untuk membentuk massa otot. Namun, hal yang perlu diperhatikan juga saat menjalankan aktivitas tersebut adalah dengan melakukannya secara perlahan demi menghindari efek buruk pada kesehatan.

2. Mengonsumsi Protein

Konsumsi protein dengan jumlah yang dibutuhkan sangat penting untuk membantu massa otot mencegah terjadinya kekurangan massa otot di hari tua atau yang biasa disebut dengan sarcopenia. Beberapa jenis protein yang tinggi akan asam amino seperti kacang-kacangan, telur, dada ayam, dan juga ikan bisa dikonsumsi untuk mencegah penurunan massa otot. 

3. Karbohidrat Baik

Meskipun makanan yang kaya akan protein menjadi prioritas untuk membangun massa otot. Mengonsumsi karbohidrat juga baik untuk mendukung pembentukan massa otot sekaligus membantu menyediakan energi. Zat glikogen yang dihasilkan oleh karbohidrat juga memegang peranan penting dalam mendukung pertumbuhan otot.

Saat kadar zat glikogen rendah itu menandakan bahwa asupan karbohirat tidak memadai, yang artinya hal tersebut akan berpengaruh pada massa otot tubuh. Sejumlah makanan ini dinilai berperan penting dalam fungsi otot dan juga saraf, beberapa diantaranya adalah quinoa dan oatmeal. Terutama quinoa yang tinggi akan jumlah magnesium dan juga fosfor.

4. Istirahat yang Cukup

Perlu diketahui bahwa massa otot adalah suatu hal yang akan tumbuh dan tebentuk disaat kita sedang beristirahat. Dengan istirahat yang cukup usaha dalam mempertahankan massa otot akan berjalan lebih baik. Karena disaat kita terlalu memaksakan diri dengan berolahraga atau melakukan aktivitas yang berat secara terus-menerus hal yang ditakutkan adalah bisa terjadinya cedera. 

Istirahat yang cukup juga memiliki peran yang sama-sama penting dengan latihan dan juga kandungan gizi yang dikonsumsi. Sebab, ketiganya bertugas untuk memaksimalkan proses pembentukan otot. Perlu diketahui, pada saat kita sedang beristirahat badan akan menghasilkan hormone yang bermanfaat dalam hal perbaikan sel otot yang telah rusak.

Dengan begitu banyaknya hal penting terkait massa otot untuk kehidupan manusia, sudah jadi kewajiban kita semua untuk mencari tahu lebih dalam bahwa massa otot adalah hal yang tidak bisa diremehkan begitu saja terutama untuk kesehatan. Maka, sudah sepatutnya untuk kita menerapkan gaya hidup yang sehat supaya tercapai kondisi massa otot yang lebih maksimal. 

Untuk melengkapi asupan nutrisi otot, tulang dan juga sendi, Anlene hadir untuk memenuhi kebutuhan kita dengan memberikan kandungan nutrisi yang lengkap. Selain itu, jika kita mengonsumsi anlene secara rutin 2 kali sehari, otot, tulang, dan juga sendi kita akan tetap terjaga kekuatan serta kelenturannya.

Posting Komentar untuk "Cari Tahu Juga Bahwa Massa Otot adalah Hal yang Penting untuk Kesehatan Tubuh"

banner
banner