Bagi Berbagai Informasi Terbaru

Selasa, 11 Januari 2022

Pada , , | Selasa, Januari 11, 2022 Berkomentar

Kemajuan dunia digital saat ini membuat banyak orang lebih mudah dalam berinvestasi. Salah satunya adalah dengan Cryptocurrency atau lebih sering disebut crypto saja. Investasi crypto memang mempunyai rate keuntungan yang tinggi. Namun dibalik keuntungan tiggi yang didapatkan tentunya akan ada resiko dibaliknya. Berikut ulasannya.

4 Manfaat Berinvestasi Menggunakan Crypto

1. Mempunyai Nilai Keuntungan Yang Tinggi Atau High Return

Menggunakan mata uang Crypto sebagai salah satu jenis investasi mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah keuntungan yang lebih tinggi atau high return. Bahkan tercatat jumlah investor yang menggunakan Crypto lebih besar daripada pengguna saham saat ini. Sehingga aset Crypto semakin naik.

Peningkatan keuntungannya cukup signifikan. Mata uang Crypto seperti Bitcoin misalnya, yang dalam kurun waktu bulan nilainya dapat mencapai all-time high yang baru. Tercatat harga Bitcoin pernah naik drastis hingga 354 persen pada tahun 2020. Hal ini yang membuat mata uang Crypto dapat mengalahkan return aset keuangan lainnya.

2. Digunakan Umum Namun Masih Aman dan Sah

Crypto bisa digunakan orang diseluruh dunia. Bahkan untuk menggunakan Crypto tidak perlu syarat apapun. Kebebasan dalam penggunaan Crypto tidak menuntut penggunanya untuk menyertakan nama asli atau data pribadi apapun. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik terbesar pengguna Crypto di seluruh dunia seperti investasi bitcoin.

Namun jangan khawatir, penggunaan Crypto dalam Investasi sudah mendapatkan kepastian hukum. Crypto sudah diperbolehkan secara sah di mata hukum untuk keperluan perdagangan Bitcoin di Indoenesia. Sehingga bagi anda pengguna Crypto jangan khawatir tentang keamanan transaksi karena sudah aman dalam hal regulasi.

3. Cepat, Mudah Dan Transparan

Salah satu manfaat lainnya menggunakan Crypto adalah kecepatan transaksinya. Bahkan terbuki bahwa kecepatan transaksi Crypto bisa lebih cepat daripada transaksi yang dilakukan di Bank. Misalnya untuk kebutuhan transfer internasional, bank akan membutuhkan waktu lebih dari sehari, namun Crypto hanya membutuhkan beberapa menit saja.

Selain manfaat kecepatannya yang memuaskan, Crypto seperti investasi bitcoin mudah digunakan dan transaparan. Pengguna Crypto akan bisa mengetahui transaksi apa saja yang dilakukannya dengan cara yang mudah. Namun tetap saja kerahasiaan pengguna lain yang bertransaksi dengan anda akan tetap terjaga karena nama pengguna hanya berupa angka.

4. Dapat Digunakan Sebagai Alat Bayar Digital

Tak hanya memenuhi kebutuhan transaksi transfer saja, Crypto juga bisa dijadikan sebagai alat pembayaran di beberapa platform digital atau e-Commerce. Beberapa e-Commerce yang sudah menggunakan mata uang e-Commerce adalah seperti PayPal, e-Bay dan juga Amazon. Walaupun belum banyak namun transaksi ini akan lebih berkembang nantinya.

Risiko Yang Harus Diwaspadai Saat Berinvestasi Menggunakan Crypto

1. Sangat Fluktuatif

Walaupun mempunyai tingkat kenaikan keuntungan yang tinggi, namun fluktuasi mata uang Crypto bisa terjadi sangat cepat. Tidak bisa diprediksinya keadaan bahkan bisa membuat mata uang Crypto naik tinggi kemudian disatu waktu turun drastis. Karakter ini sama halnya dengan jenis investasi lainnya yang High Risk High Return.

2. Rawan Kejahatan Cyber

Resiko lainnya dari investasi crypto yang mungkin bisa terjadi adalah masih rawannya kejahatan cyber. Serangan cyber ini cukup membuat anda pusing bila terjadi. Mata uang crypto milik anda bisa hilang dan dicuri dan proses pengembaliannya akan cukup rumit. Masih banyak laporan tentang hal ini hingga kini akibat peretasan yang dilakukan para penjahat Cyber.

Banyak cara orang untuk melakukan investasi saat ini. Seiring perkembangan digital dan teknologi membuat investasi tak hanya berupa uang atau emas namun bisa dalam wujud lainnya seperti Crypto. Walaupun banyak manfaat dan kelebihannya, namun masing masing jenis investasi pasti ada resiko dibaliknya. 

0 comments:

Posting Komentar